BUKU UNGGULAN

PAPUA: JEJAK LANGKAH PENUH KESAN

Judul: Papua: Jejak Langkah Penuh Kesan Penulis: Frino Bariarcianur & Ahmad Yunus Kata Sambutan: Susilo Bambang Yudhoyono Bahas...

Thursday, October 31, 2019

BUKU ORI KATALOG PAMERAN RELIGI DAN KESENIAN NUSANTARA: TERUNTUK SANG MAHA INDAH


Teruntuk Sang Maha Indah: Pameran Religi dan Kesenian Nusantara merupakan katalog pameran berbagai produk keagamaan dan kesenian yang diselenggarakan di Museum Nasional Indonesia selama 18 Agustus-7 September 2015. Katalog pameran dan pamerannya sendiri mencoba mempertemukan religi dan kesenian sebagai dua unsur yang saling berkaitan. “Religi menginspirasi kesenian, sebaliknya kesenian mendukung keberadaan religi,” tulis Kacung Marijan, Direktur Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada bagian “Kata Sambutan” katalog ini.

Katalog ini dipilah ke dalam lima bagian. Bagian pertama berisi tiga esai. Satu, “Pengantar Pameran Religi & Kesenian: ‘Teruntuk Sang Maha Indah’” yang ditulis Endo Suanda. Dua, “Seni dan Religi dalam Kebudayaan Nusantara” yang ditulis Agus Aris Munandar. Tiga, “Religi: Kesenian: Ritual: Pameran” yang ditulis G.R. Lono Lastoro Simatupang.

Bagian kedua, “Perkembangan Agama dan Kepercayaan di Indonesia”, memaparkan produk-produk keagamaan dan kepercayaan di Nusantara yang dihasilkan masyarakat masa prasejarah, masyarakat masa Islam, masyarakat masa kedatangan Cina dan Eropa, masyarakat kepercayaan lokal Marappu, dan masyarakat keagamaan masa kini. Produk-produk mereka berupa nekara, kapak upacara, arca menhir, arca Siwa Mahadewa,  arca Wisnu, arca Brahma, arca Maitreya, cakra, makara, ukiran kaligrafi Arab “La ilaha ilallah” dari Cirebon, Alqur’an dan terjemahannya dalam bahasa Jawa, bros emas bertatahkan permata dari Riau, patung keramik Buddha Avalokitasvara, patung gipsum Maria berkonde, kain sarung perempuan Sumba (lau witakau), anting-anting dari Sumba (mamuli kaka), piring keramik hiasan dinding bertulisan Arab dari Jawa Barat, kain tenun ikat Sumba (hinggi kurangu), lukisan “Salib” karya Bagong Kussudiardjo, lukisan “Beratapan Langit dan Bumi Amparan” karya A.D. Pirous, lukisan “Pura Satrya” karya S. Sudjojono, dan lain-lain.

Bagian ketiga, “Seni dalam Sistem Kepercayaan”, menampilkan naskah Samarqandi dan fiqih, Alqur’an Mushaf Pusaka, Injil Matius beraksara dan bahasa Makassar, Perjanjian Lama beraksara Arab Melayu, kitab ajaran Kong Hu Cu, kitab Dhammapada, kitab Wedha, kitab Bhagawad Ghita, beberapa kalung jimat, beberapa motif tato, pustaha laklak dari Batak, kepala pending, tarawangsa, suduk, arca Agastya, arca Ganesha, patung berhala dari Timor, patung nenek moyang dari Maluku, patung leluhur dari Sumatra Utara, hampatong dari Dayak, dan lain-lain.

Bagian keempat, “Peralatan Ritus dan Kesenian”, menyajikan keris Si Ginjei dari jambi, kain geringsing dari Bali, ulos sibolang dari Sumatra Utara, kain subahnale dari Lombok, padasan Paksinagaliman dari Cirebon, kamandalu dari Bondowoso, prasen dari Kediri, prasasti “tablet” dari Kendal, dan lain-lain. Bagian terakhir, “Emosi Keagamaan, Umat, dan Kesenian”, menghadirkan, antara lain, upacara tabuik dari Pariaman, permainan nini towok dari Jawa Tengah, tau-tau dari Toraja, dan sigale-gale dari Sumatra Utara.

Buku ini dilengkapi cukup banyak potret berwarna.


Kondisi Bagus 1
Judul: Teruntuk Sang Maha Indah: Pameran Religi dan Kesenian Nusantara, 18 Agustus-07 September 2015
Penulis: Endo Suanda, Agus Aris Munandar, G.R. Lono Lastoro Simatupang
Kata Pengantar: Intan Mardiana
Kata Sambutan: Kacung Marijan
Bahasa: Indonesia & Inggris
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 160 Halaman
Dimensi: 21 x 28 Cm
Penerbit: Museum Nasional Indonesia, Jakarta
Tahun: Cetakan Pertama, 2015
ISBN: Tak Ada
Kondisi: Bagus (Penjilidan kurang kokoh.)
Harga: Rp67.000
Stok: 1

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.






Kondisi Bagus 2
Judul: Teruntuk Sang Maha Indah: Pameran Religi dan Kesenian Nusantara, 18 Agustus-07 September 2015
Penulis: Endo Suanda, Agus Aris Munandar, Lono Lastoro Simatupang
Bahasa: Indonesia & Inggris
Kulit Muka: Soft Cover + Kotak Buku
Tebal: 160 Halaman
Dimensi: 21 x 28 Cm
Penerbit: Museum Nasional Indonesia, Jakarta
Tahun: Cetakan Pertama, 2015
ISBN: Tak Ada
Kondisi: Bagus (Penjilidan kurang kokoh.)
Harga: Rp97.000
Stok: 5

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.






No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.