BUKU UNGGULAN

BUKU ORI SANDIWARA ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN, CETAKAN I

Buku baru stok lama Orkes Madun karya  Arifin C. Noer merupakan sebuah lakon panjang tentang nyanyian kemiskinan abad XX. Tokoh-tokohn...

Thursday, March 26, 2020

KUMPULAN CERPEN ORI IWAN SIMATUPANG: TEGAK LURUS DENGAN LANGIT, CETAKAN I

Tegak Lurus dengan Langit merupakan satu-satunya kumpulan cerita pendek (cerpen) besutan Iwan Simatupang yang pernah terbit sebagai buku. Buku-bukunya yang lain berwujud novel, drama, puisi, dan esai. Menulis cerpen, menurut Dami N. Toda pada pengantar buku tersebut, merupakan kegiatan tahap keempat yang digelutinya setelah menulis puisi, esai, dan lakon.  

Namun, menulis cerpen, Dami melanjutkan, bukanlah langkah latihan persiapannya menuju penulisan novel. Mutu cerpen-cerpen awalnya tidak menunjukkan sebagai karya yang dihasilkan penulis yang masih “belajar”. Cerpen-cerpennya membuat “pembaca mengalami dadakan, dipertemukan dengan ‘tokoh asing’ dari sebuah dunia yang ‘asing’”. Sejak awal, cerpen-cerpennya sudah terlihat sebagai karya sastra “’cap Iwan’ yang khas dalam menggali-gali kesepian manusia, irasionalisme dan tragedy manusia-manusia kecil, ironi serta bias-biasnya”.

Semua penilaian tersebut dapat ditemukan pada lima belas cerpen yang dihimpun dalam Tegak Lurus dengan Langit ini. Cerpen-cerpen tersebut adalah “Lebih Hitam dari Hitam”; “Monolog Simpang Jalan”; “Tanggapan Merah Jambu Tentang Revolusi”; “Kereta Api Lewat di Jauhan”; “Patates Frites”; “Tunggu Aku di Pojok Jalan Itu”; “Tegak Lurus dengan Langit”; “Tak Semua Tanya Punya Jawab”; “Oleh-oleh untuk Pulau Bawean”; “Prasarana, Apa Itu, Anakku?”; “Aduh… Jangan Terlalu Maju, Atuh!”; “Husy! Geus! Hoechst!”; “Di Suatu Pagi”; “Seorang Pangeran Datang dari Seberang Lautan”; dan “Dari Tepi Langit yang Satu ke Tepi Langit yang Lain”.

Kumpulan cerpen ini pertama kali diterbitkan Sinar Harapan, Jakarta, pada 1982. Buku yang kami jual ini merupakan cetakan pertama tersebut.

Judul: Tegak Lurus dengan Langit
Penulis: Iwan Simatupang
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 115 Halaman
Dimensi: 13 x 19 Cm
Penerbit: Sinar Harapan, Jakarta
Tahun: Cetakan Pertama, 1982
Kondisi: Kurang Bagus (Robek di sudut kiri bawah cover depan dan sobek di dekat sudut kanan bawah cover belakang. Sedikit grepes dan sobek di sisi cover. Bekas kena air dan bercak-bercak jamur di bagian bawah di balik cover depan hingga sejumlah lembar ke dalam. Bercak-bercak jamur yang lebih kerap di sudut kiri bawah di balik cover belakang. Tapi, semua itu tak mengganggu proses pembacaan. Kertas kecokelatan.)
Harga: (TERJUAL)
Stok: 0

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.





No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.