BUKU UNGGULAN

BUKU ORI ATIK SOEPANDI: TETEKON PADALANGAN SUNDA: PATOKAN PADALANGAN SUNDA SEJAK PRIANGAN, CETAKAN I

Daftar Eusi Pihatur Pangjajap Bab I Purwaka Bab II Sajarah jeung Mekarna Padalangan Priangan Bab III Patokan Padalangan Sunda Sejak Priangan...

BUKU PILIHAN

  • AGUS DERMAWAN T. DKK.: THE PUPPET STATE - GATOT INDRAJATI
  • LAKON ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN
  • SAPARDI DJOKO DAMONO: BABAD BATU
  • H.E. VAN GELDER: REMBRANDT
  • GOENAWAN MOHAMAD: FRAGMEN
  • KOMUNITAS SASTRA INDONESIA: CATATAN PERJALANAN
  • NASRUDIN AFFANDI: HUMOR SUFI, JILID 1-5

Friday, November 1, 2019

BUKU ORI R.M. SOELARKO: SKENARIO: KONSEP DAN TEKNIK MENULIS CERITA FILM

Boleh jadi, Skenario: Konsep dan Teknik Menulis Cerita Film merupakan buku pertama dalam bahasa Indonesia yang membahas cara menulis skenario film cerita. Atau, sekurangnya, buku generasi awal dalam bahasa Indonesia yang berbicara tentang tema tersebut.

Penulisan buku ini dilatari kenyataan bahwa salah satu kelemahan utama film cerita Indonesia adalah skenario yang buruk. Tapi, setelah buku ini terbit dan beredar, kabarnya, kelemahan tersebut tak kunjung berkurang secara signifikan. Kepiawaian para sineas Indonesia menghasilkan gambar-gambar yang artistik tidak diimbangi dengan kualitas skenario yang bagus.

R.M. Soelarko membagi bukunya ke dalam 15 bab. Tujuh bab pertama berkaitan langsung dengan teknik penulisan skenario film cerita. Mulai dari konsep dasar cerita film, sifat dasar cerita film dan klasifikasi, unsur-unsur cerita film, struktur cerita film, tipe dan karakter tokoh, kebebasan penulis skenario, hingga sumber cerita film. Semuanya hanya memakan 35 halaman atau hampir 20% dari jumlah total halaman buku ini.

Delapan bab lain menguraikan hal-hal lain. Sebagian tidak berhubungan langsung dengan teknik penulisan skenario film cerita, yakni kriteria tentang mutu film, kelemahan-kelemahan dalam perfilm Indonesia, resensi film, humor, cerita pendek, dan sastra jurnalistik. Meskipun demikian, boleh jadi, penulis menganggap bahwa semua itu masih bermanfaat untuk penulis skenario film cerita, terutama tiga yang disebut lebih awal.

Sebagian lagi memang berhubungan langsung dengan teknik penulisan skenario film cerita, yakni contoh sinopsis dan contoh skenario film cerita. Contoh-contoh tersebut diberikan penulis dalam kapling halaman yang lebih panjang dari bab-bab lain.

Soelarko menyajikan puluhan contoh sinopsis cerita film nasional yang diproduksi selama 1975-1977. Dia mengelompokkannya dalam sinopsis film drama, sinopsis film humor, sinopsis film action, sinopsis film seks dan erotik, sinopsis film horror, serta sinopsis film penerangan. Sebuah sinopsis film cerita asing bergenre fiksi ilmiah menutup semua contoh pengelompokan tersebut: 2001: Space Odyssey yang disutradari Stanley Kubrick dan diproduksi dan dirilis MGM pada 1968.

Contoh-contoh sinopsis cerita film nasional membuat pembaca mengenang kembali atau mengenal produk-produk film tahun 1970-an. Bahkan, pada bagian awal buku, pembaca sudah disodori senarai film peserta Festival Film Indonesia 1978. Dari daftar tersebut, ada beberapa yang pantas disebut. Misalnya, Darah Muda, Semau Gue, Krakatau, Di Bawah Lindungan Ka’bah, Badai Pasti Berlalu, Yang Muda Yang Bercinta, Terminal Cinta, Pembalasan Si Pitung, Tante Sun, Ateng Sok Tahu, Akibat Pergaulan Bebas, Operasi Tinombala, Suci Sang Primadona, Letnan Harahap, Jakarta-Jakarta, dan Ali Topan Anak Jalanan.

Deretan sinopsis film cerita sendiri menampilkan film-film Semalam di Malaysia yang disutradarai Nico Pelamonia berdasarkan skenario yang ditulis Frank Rorimpandey, Bunga Roos dari Cikembang (Fred Young/Fred Young), Cinta Rahasia (Lukman Hakim Nain/Darto Juned), Cinta (Wim Umboh/Arifin C. Noer), Selalu di Hatiku (Hasmanan/Arifin C. Noer), Laila Majenun (Sjumandjaja/Sjumandjaja), Jinak-Jinak Merpati (Sophan Sophiaan/Teguh Karya), Rahasia Perawan (Ali Shahab/Ali Shahab), Kenapa Kau Pergi (Iksan Lahardi/Iksan Lahardi Group), Hanya Untukmu (A. Rizal/A. Rizal), Malam Pengantin (Lukman Hakim Nain/Indra Wijaya), Antara Cinta dan Kenyataan (Senja di Pantai Losari) (H.A. Chaidar Dja’far/H.A. Chaidar-M.N. Syan), Keluarga Sinting (Syamsul Fuad/Syamsul Fuad), Benyamin Raja Lenong (Syamsul Fuad/Syamsul Fuad), Si Doel Anak Modern (Sjumandjaja/Sjumandjaja), Zorro Kemayoran (Lilik Sudjio/Sofyan Sharna-Lilik Sudjio), Si Kabayan (Bay Isbahi/Sofyan Sharna), Ateng Sok Tahu (Hasmanan/Hasmanan-Sofyan Sharna), Tiga Sekawan (Chaerul Umam/Asrul Sani), Hippies Lokal (Benyamin S./-), Samson Betawi (Nawi Ismail/-), Tiga Gadis Badung (Nya’ Abbas Akup/Nya’ Abbas Akup), Ateng Kaya Mendadak (Pietrajaya Burnama/Kwartet Jaya-Pietrajaya Burnama), Benyamin Koboi Ngungsi (Nawi Ismail/Nawi Ismail), Balas Dendam (Bobby Sandi-Chun Chong Hua/Narto Erawan), One Way Ticket (Motinggo Busye/Motinggo Busye), Perempuan Histeris (Ratno Timoer/Ratno Timoer), Gadis Panggilan (Ratno Timoer/-), Ganasnya Napsu (Turino Junaidi/Turino Junaidi), Krisis X (Turino Junaidi/Turino Junaidi), Kampus Biru (Nya’ Abbas Akup/Nya’ Abbas Akup), Pelacur (Ratno Timoer/IM Chandra Adi), Aladin (Matnoor Tindaon/Husein Wijaya), Ranjang Siang Ranjang Malam (Ali Shahab/Ali Shahab), Della (Arwah Penasaran) (S.A. Karim/Irhandy Kasmara), Setan Kuburan (Daeng Harris/Daeng Harris), Penguni Bangunan Tua (M. Syarifudin A./M. Syarifudin A.), serta Tanah Harapan (Sofia W.D./Darto Juned).

Sebuah skenario yang lengkap juga disajikan buku ini. Judulnya Mutiara dari Samudra karya R.M. Soelarko sendiri.

Judul: Skenario: Konsep dan Teknik Menulis Cerita Film
Penulis: R.M. Soelarko
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: xii + 176 Halaman
Dimensi: 22 x 30 Cm
Penerbit : PT Karya Nusantara, Jakarta
Tahun: Cetakan Pertama, 1978
Kondisi: Cukup Bagus (Bersampul plastik. Stempel dan coretan pemilik sebelumnya di halaman i.)
Harga: (2 TERJUAL)
Stok: 0

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.







No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.