BUKU UNGGULAN

BUKU ORI SANDIWARA ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN, CETAKAN I

Buku baru stok lama Orkes Madun karya  Arifin C. Noer merupakan sebuah lakon panjang tentang nyanyian kemiskinan abad XX. Tokoh-tokohn...

Tuesday, June 23, 2020

BUKU ORI NOVEL ABDOEL MOEIS: ROBERT ANAK SURAPATI, CETAKAN XIV


Buku bekas novel Robert Anak Surapati karya Abdul Muis atau Abdoel Moeis ini dipetik dari novelnya yang terbit pertama kali pada 1950, yakni Surapati. Sebagian kecil materi cerita yang berhubungan dengan pertemuan dan pergaulan Robert dengan ayahnya, menurut pengakuan penulisnya pada “Prakata” buku ini, dipetik dari sana.

Novel ini berkisah tentang Robert, anak angkat saudagar kaya dari Belanda, Jozef van Reijn. Setelah ayah angkatnya wafat, dia menemukan surat wasiat dari ibu kandungnya, Suzane, yang diberikan kepada Jozef van Reijn sesaat sebelum ibunya meninggal dunia di atas kapal Dolfijn dalam perjalanan pulang ke Belanda. Robert memang anak hasil percintaan diam-diam perempuan keturunan Belanda tersebut dengan lelaki keturunan Jawa.

Setelah mengetahui asal usulnya, Robert pergi dari rumah ayah angkatnya. Untuk menebus semua kekecewaannya, dia rela menjadi mata-mata Belanda yang dikirim ke tanah Jawa. Dia ditugaskan untuk menyelidiki kekuatan pasukan Surapati di Pasuruan sebelum serdadu Belanda menyerang ke sana.

Robert menyamar sebagai pedagang perhiasan. Penyamarannya terbongkar oleh pasukan Surapati. Robert ditangkap, dipenjara, lalu dihadapkan dengan Surapati. Di sinilah, Robert mengetahui bahwa Surapati adalah ayah kandungnya, tapi tak percaya. Sebab, surat ibunya mengabarkan bahwa ayahnya bernama Untung. Surapati pun menceritakan bahwa Untung adalah namanya ketika masih menjadi budak. Nama tersebut kemudian diganti Sultan Cirebon menjadi Surapati.

Novel ini pertama kali diterbitkan Balai Pustaka, Jakarta, pada 1953. Cetakan ke-14-nya terbit pada 2001. Buku bekas yang kami jual ini merupakan cetakan ke-14 tersebut.

Judul: Robert Anak Surapati
Penulis: Abdoel Moeis
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 134 Halaman
Dimensi: 15 x 21 Cm
Penerbit: PT Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka, Jakarta
Tahun: Cetakan Ke-14, 2001
Kondisi: Cukup Bagus (Bekas stiker perpustakaan yang sudah dilepas di bagian bawah sekitar punggung buku. Stempel perpustakaan di halaman 1. Dari 3 eksemplar yang tersedia, 1 eksemplar ada bekas tertekuk di covernya.)
Harga: Rp39.000
Stok: 3

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.





No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.