BUKU UNGGULAN

BUKU ORI SANDIWARA ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN, CETAKAN I

Buku baru stok lama Orkes Madun karya  Arifin C. Noer merupakan sebuah lakon panjang tentang nyanyian kemiskinan abad XX. Tokoh-tokohn...

Wednesday, June 24, 2020

BUKU ORI NOVEL SELASIH: KALAU TAK UNTUNG, CETAKAN XXIII


Kalau Tak Untung karya Selasih atau Seleguri  sering ditengarai sebagai novel pertama yang ditulis perempuan penulis Indonesia. Perempuan yang memiliki nama asli Sariamin Ismail ini tentu pula dinobatkan sebagai novelis perempuan pertama Indonesia.

Novel ini mengisahkan kehidupan perempuan muda bernama Rasmani. Dia berasal dari keluarga yang mementingkan pendidikan ketika masyarakat di sekitarnya masih menuruti aturan yang konservatif, terutama tentang hak perempuan untuk memperoleh pendidikan. Pertentangan dengan lingkungannya tersebut tak menghalangi upaya Rasmani hingga mampu menjadi guru.

Dia mencintai Masrul, pemuda yang mendukung hak pendidikan untuk perempuan. Keduanya menentang aturan pernikahan sedarah dalam tradisi Minangkabau.

Masrul sempat dijodohkan dengan Aminah, anak mamaknya yang belum berpendidikan, yang kemudian meminta Rasmani mengajarinya. Masrul akhirnya menikah dengan Muslina yang lebih berpendidikan, kaya, dan tidak sekaum dengannya. Tapi, Muslina justru jahat dan tak menghargai suaminya sendiri, sehingga mereka bercerai. Selain lantaran penyakitnya, Rasmani makin menderita sejak tidak bisa bersama lagi dengan Masrul.

Novel ini pertama kali diterbitkan Balai Pustaka, Jakarta, pada 1933. Cetakan ke-23-nya terbit pada 2001. Buku bekas yang kami jual ini merupakan cetakan ke-21 tersebut.

Judul: Kalau Tak Untung
Penulis: Selasih
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 156 Halaman
Dimensi: 15 x 21 Cm
Penerbit: PT Balai Pustaka, Jakarta
Tahun: Cetakan Ke-23, 2001
Kondisi: Cukup Bagus (Bekas tertekuk di cover. Stempel perpustakaan di halaman 1. Wadah kartu peminjaman dan bekas terkelupas di balik cover.)
Harga: Rp27.000
Stok: 5 (2 TERJUAL)

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.







No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.