BUKU UNGGULAN

PAPUA: JEJAK LANGKAH PENUH KESAN

Judul: Papua: Jejak Langkah Penuh Kesan Penulis: Frino Bariarcianur & Ahmad Yunus Kata Sambutan: Susilo Bambang Yudhoyono Bahas...

Saturday, September 14, 2019

NOVEL ORI L. WAIRATA & NUR SUTAN ISKANDAR: CINTA DAN KEWAJIBAN, CETAKAN XVI

Cinta dan Kewajiban mengisahkan cinta seorang istri kepada suaminya dan kepatuhan seorang anak kepada orang tuanya. Dengan patuh dan sabar, Annie mengurus ibunya yang sakit-sakitan. Dia juga sabar melayani bapaknya, Steven, yang berlaku kasar terhadap ibunya. Bapaknya sering marah-marah, memukuli istrinya, dan gemar minuman keras.

Meski begitu, ibunya tetap sabar. Dia selalu menasihati Annie untuk tetap berbuat baik dan melayani bapaknya sebaik mungkin. Sebab, dulu, bapaknya adalah pemuda baik-baik. Dia serdadu yang bertugas di Pulau Jawa. Ibunya menikah dengan bapaknya tanpa persetujuan orang tua ibunya. 

Mula-mula, perkawinan mereka damai dan bahagia. Tapi, kemudian, datanglah kutukan dari orang tua ibu Annie. Sebelum meninggal, mereka bersumpah bahwa keluarga ibunya Annie tidak akan damai dan bahagia. Ibunya Annie sangat mempercayai kutukan itu. Dengan alasan itulah, ibunya Annie selalu menasihati Annie agar dirinya selalu berbakti kepada orang tua. 

Ketika akan mengembuskan napas terakhir, ibunya Annie berpesan kepada Annie agar dapat membedakan cinta dan kewajiban. Cinta kepada suami dan kewajiban kepada orang tua. Dia juga berpesan bahwa jangan menyia-nyiakan bapaknya. Pesan tersebut selalu melekat dalam hati Annie.

Berkat kesabaran Annie melayani bapaknya, perilaku bapaknya mulai berubah. Tapi, setelah bapaknya kawin lagi, penyakit lamanya kambuh: suka marah-marah dan mabuk-mabukan. 

Ketika dilamar Bram, pelajar yang masih sekolah di Ambon, Annie menolaknya karena merasa masih punya kewajiban merawat bapaknya. Bila halangan tersebut, Annie baru bersedia dinikahi Bram. Bram setuju dengan saran Annie. Dia kemudian kembali ke Ambon untuk melanjutkan sekolahnya yang tersisa satu tahun. 

Tak lama kemudian, muncul kabar bahwa Bram telah bertunangan dengan Fien. Fien adalah teman baik Annie. Rupanya, pertunangan mereka terjadi tak lepas dari ulah ibu tiri Annie. Dia tidak suka melihat Annie bahagia. Bram sendiri sebenarnya tidak tahu pertunangan itu. Dia pulang ke Menado dan memutuskan pertunangan itu. 

Walaupun hubungan aBram dengan Fien telah putus. Annie tidak bersedia dinikahi Bram. Dia tidak ingin menyakiti hati Fien. Dia berjanji tidak akan menikah sebelum Fien menikah lebih dulu.

Untuk itu, Annie mencoba menjodohkan Fien dengan Andi, kakak laki-lakinya yang menjadi serdadu di Jawa. Upayanya berhasil. Setelah semua halangan hilang, Annie mengirim surat kepada Bram yang telah menjadi guru di Ambon untuk meminangya. Bram tentu saja senang.
(Sumber: mjbrigaseli.blogspot.com.)

Judul: Cinta dan Kewajiban
Penulis: L. Wairata & N. St. Iskandar
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 104 Halaman
Dimensi: 15 x 20,5 Cm
Penerbit: PT Balai Pustaka, Jakarta
Tahun: Cetakan Ke-16, 2011
Kondisi: Bagus (Bekas perpustakaan.)
Harga: Rp21.000
Stok: 4


Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.

Cinta dan Kewajiban

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.