BUKU UNGGULAN

BUKU ORI SANDIWARA ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN, CETAKAN I

Buku baru stok lama Orkes Madun karya  Arifin C. Noer merupakan sebuah lakon panjang tentang nyanyian kemiskinan abad XX. Tokoh-tokohn...

Monday, April 13, 2020

BUKU PUISI ORI NIRWAN DEWANTO: JANTUNG LEBAH RATU, CETAKAN I

Buku baru stok lama Jantung Lebah Ratu menghimpun 46 puisi yang ditulis Nirwan Dewanto selama 2005-2007. Buku ini mengantarkan Nirwan memenangi Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa pada 2008. Penghargaan serupa diterimanya pada 2011 melalui buku puisi Buli-Buli Lima Kaki.

Menurut Melani Budianta, “Membaca puisi Nirwan Dewanto membuat kita bertanya: Siapa yang bicara? Dari mana dating suaranya? Tapi sajak-sajak Nirwan bukan teka-teki, melainkan sehamparan momen estetika.” “Intertekstualitas puisi Nirwan merambah dunia, dari Ratna Manggali ke Brancusi, dari Isfahan ke taman pasir Ryoanji, dan mengaduk berbagai acuan budaya menjadi semesta baru – Siwa dan salib, merah Mao dan Marilyn Monroe. Tapi sejauh manapun makna berkelana, setiap sajak ini tak urung menariknya kembali pada dirinya sendiri. Jantung Lebah Ratu merengkuh berbagai tradisi perpuisian – sinestesia, permainan tipologi, pantu, dan prosa liris, misalnya – untuk memperluas potensi kata, sensai imajinasi, dan nuansa makna,” tambahnya.

Ulil Abshar-Abdalla mengaku, “Dalam himpunan puisi ini, kita bersentuhan bukan saja dengan seorang penyajak biasa, tapi juga pelukis, mungkin malah pematung, yang bekerja dengan kata dan tubuh sekaligus. Ia bukan sekadar mengatakan, tetapi juga melukis atau menatah benda-benda biasa, juga peristiwa, yang berserakan di sekitaran. Kerapkali malah ia tak melukis benda-benda dan peristiwa itu; mereka justru melukis dirinya sendiri via si penyajak.” “Setiap sajak menantang saya terus membacanya lagi dan lagi; setiap kali senantiasa mengejutkan saya dengan penglihatan baru,” imbuhnya.

Buku ini pertama kali diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, pada 2008. Buku baru stok lama yang kami jual ini merupakan terbitan cetakan pertama tersebut.

Judul: Jantung Lebah Ratu: Himpunan Puisi Nirwan Dewanto
Penulis: Nirwan Dewanto
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 94 Halaman
Dimensi: 14 x 21 Cm
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tahun: Cetakan Pertama, 2008
Kondisi: Bagus (Buku baru stok lama. Masih segel, tapi ada segel yang sobek, sehingga warna kertas berubah terutama di bagian yang sobek tersebut.)
Harga: Rp49.000
Stok: 1

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.





No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.