BUKU UNGGULAN

BUKU ORI ATIK SOEPANDI: TETEKON PADALANGAN SUNDA: PATOKAN PADALANGAN SUNDA SEJAK PRIANGAN, CETAKAN I

Daftar Eusi Pihatur Pangjajap Bab I Purwaka Bab II Sajarah jeung Mekarna Padalangan Priangan Bab III Patokan Padalangan Sunda Sejak Priangan...

BUKU PILIHAN

  • AGUS DERMAWAN T. DKK.: THE PUPPET STATE - GATOT INDRAJATI
  • LAKON ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN
  • SAPARDI DJOKO DAMONO: BABAD BATU
  • H.E. VAN GELDER: REMBRANDT
  • GOENAWAN MOHAMAD: FRAGMEN
  • KOMUNITAS SASTRA INDONESIA: CATATAN PERJALANAN
  • NASRUDIN AFFANDI: HUMOR SUFI, JILID 1-5

Saturday, April 11, 2020

BUKU PUISI ORI HUSNUL KHULUQI: ROMANSA PEMINTAL BENANG, CETAKAN I


Buku baru stok lama Romansa Pemintal Benang menghimpun 92 puisi karya Husnul Khuluqi, salah satu eksponen penting “gerakan sastra buruh” di Tangerang pada pertengahan 1990-an. Puisi-puisi itu dipilah ke dalam subjudul “Lelaki di Dalam Pabrik” sebanyak 78 puisi dan “Lelaki di Luar Pabrik” sebanyak 14 puisi.

Tak ada buruh pabrik yang menulis puisi sebanyak Lulu, sapaan Husnul Khuluqi. Tak heran bila ada temannya sesama buruh yang menulis puisi menyindirnya sebagai pabrik puisi. Tak ada buruh pabrik yang mampu memotret kehidupan buruh pabrik selengkap Lulu. Tak heran jika pengamat puisi buruh menilai puisi-puisinya paling rinci mampu mengurai segala sisi kehidupan buruh di dalam pabrik dan di luar pabrik. Tak ada buruh yang puisi-puisinya sampai saat ini dinilai paling berkualitas selain puisi-puisi Lulu. Tak heran jika puisi-puisinya mampu menembus persaingan ketat publikasi di media cetak seperti Majalah Horison, Jurnal Puisi, Harian Media Indonesia, Harian Suara Pembaruan, Harian Republika, Harian Pikiran Rakyat, dan Harian Kompas. Banyak orang mengaku sebagai penyair buruh, tapi tak lagi memburuh. Lulu terus menghayati dan melakoni kerja sebagai buruh pabrik ketika buku ini diterbitkan.

“Puisi-puisi Lulu mampu memotret kehidupan buruh pabrik jauh lebih lengkap ketimbamg buruh-buruh lain yang menulis puisi,” tulis Iwan Gunadi pada epilog “Romantisme yang Berpusat pada Ibu: Sepotong Catatan dari Teman”.

Ahmadun Yosi Herfanda menilai, “… sajak-sajak Husnul Khuluqi memperlihatkan pencapaian estetik yang cukup mengesankan. Tipografinya tertata rapi, dengan bait-bait dan baris-baris sajak yang teratur, dengan imaji-imaji yang lugas dan sederhana tapi utuh, serta dengan irama bahasa yang terjaga.”

Buku ini pertama kali diterbitkan Komite Sastra Dewan Kesenian Tangerang & Komunitas Sastra Indonesia, Tangerang, pada 2006. Buku baru stok lama yang kami jual ini merupakan terbitan cetakan pertama tersebut.

Judul: Romansa Pemintal Benang: Puisi-Puisi Husnul Khuluqi
Penulis: Husnul Khuluqi
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: xv + 112 Halaman
Dimensi: 14 x 18 Cm
Penerbit: Komite Sastra Dewan Kesenian Tangerang & Komunitas Sastra Indonesia, Tangerang
Tahun: Cetakan Pertama, 2006
Kondisi: Sangat Bagus (Buku baru stok lama. Masih segel.)
Harga: Rp39.000
Stok: 2

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.




No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.