BUKU UNGGULAN

BUKU ORI NOVEL AMAN DT. MADJOINDO: SI DUL ANAK JAKARTA, CETAKAN XXIV

Buku bekas novel Si Dul Anak Jakarta karya Aman Datuk Madjoindo ini mengisahkan sepenggal kehidupan Abdoel Hamid, yang sering dipanggil...

BUKU PILIHAN

  • AGUS DERMAWAN T. DKK.: THE PUPPET STATE - GATOT INDRAJATI
  • LAKON ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN
  • SAPARDI DJOKO DAMONO: BABAD BATU
  • H.E. VAN GELDER: REMBRANDT
  • GOENAWAN MOHAMAD: FRAGMEN
  • KOMUNITAS SASTRA INDONESIA: CATATAN PERJALANAN
  • NASRUDIN AFFANDI: HUMOR SUFI, JILID 1-5

Monday, November 11, 2019

NOVELET ORI Y.B. MANGUNWIJAYA: BALADA BECAK

Balada Becak atau Sebuah Riwayat Melodi Yus-Riri merupakan novel pertama karya Yusuf Bilyarta (Y.B.) Mangunwijaya yang diterbitkan sebagai buku dengan mencantumkan nama asli penulisnya. Novel pendek atawa novelet tersebut diterbitkan Balai Pustaka pada 1985. Empat tahun sebelumnya, 1981, Pustaka Jaya menerbitkan novel pertamanya, tapi dengan nama samara, yakni Y. Wastu Wijaya. Sekitar 31 tahun kemudian, 2016, Penerbit Buku Kompas menerbitkan kembali Balada Becak. Buku terbitan baru itulah yang kami jual di sini.

Balada Becak mengisahkan cerita cinta antara Yusuf dan Riri, orang-orang pinggiran, dunia yang selama ini digeluti penulis yang akrab disapa Romo Mangun ini. Yusuf adalah adik seorang pemilik bengkel mobil dan Riri adalah anak Bu Dullah, pedagang gori.

Yus sedang belajar bertanggung jawab untuk menggantikan peran ayahnya yang sedang sakit. Setiap pagi, dia mengayuh becak peninggalan ayahnya menuju sebuah warung gudeg. Becak tersebut memuat tumpukan gori. Bu Dullah yang gemuk duduk di atas tumpukan gori dan Riri membonceng di sadel di belakang Yus. Sorenya, Yus menjemput mereka berdua untuk pulang ke rumah.

Keseharian seperti itulah yang melahirkan kisah kasih Yus dan Riri. Riri naksir Yus lebih dulu. Awalnya, Yus malah mahasiswi pemilik mobil yang pernah diperbaikinya di bengkel kakaknya. Tapi, perlahan-lahan, dia jatuh hati juga kepada Riri. Antar-jemput Riri yang setiap hari makin mendekatkan hati mereka dan saling memahami.

Kisah cinta yang sederhana dan manis itu bergulir di antara kisah-kisah lain yang mendukung alur cerita. Mulai dari kisah-kisah teman-teman di bengkel milik kakak Yus, kegiatan ronda kampung, hingga insiden pencurian mobil. Kisah hidup mereka penuh warna. Di sana-sini, penulis melontarkan sentilan-sentilan halus yang dapat menyentuh sanubari.

Judul:  Balada Becak atau Sebuah Riwayat Melodi Yus-Riri
Penulis: Y.B. Mangunwijaya
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 96 Halaman
Dimensi: 13 x 19 Cm
Penerbit: Buku Kompas, Jakarta
Tahun: 2016
Kondisi: Sangat Bagus (Masih segel.)
Harga: Rp39.000
Stok: 5 (1 TERJUAL)

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.




No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.