BUKU UNGGULAN

BUKU ORI TEGUH OSTENRIK: TRANSCENDING TIME, CETAKAN I

Buku bekas Transcending Time: An Odyssey in Form and Colour karya Barbara Asboth memaparkan latar belakang perhatian  Teguh Ostenrik te...

Friday, February 21, 2020

BUKU ORI R.NG. RANGGAWARSITA: SERAT CEMPORET

Buku bekas Serat Cemporet merupakan salah satu karya Raden Ngabehi (R.Ng.) Ranggawarsita yang ditulis atas perintah Pakubuwana IX pada 1799, sebagaimana ditulis pada halaman pertama bait kedua buku ini. Serat ini menceritakan kisah Raden Jaka Permana, putra Raja Pagelen yang tinggal di Desa Cengkarsari dan akan menikah dengan Dewi Suretna, anak angkat Ki Buyut Cemporet, yang sesungguhnya Patih Kerajaan Medangkamulan. Selain manusia, serat ini menghadirkan tokoh-tokoh lain dari kalangan binatang, siluman, dan dewa.

Dalam buku Kepustakaan Jawa, R.Ng. Purbacaraka pernah memuji sekaligus mencela karya Ranggawarsita ini. Bahasa Serat Cemporet dinilainya terlalu tinggi. Bahasa orang desa terlampau halus, sehingga terasa sangat dibuat-buat.

Serat Cemporet yang dialih aksara dan bahasa oleh Sudibjo Z. Hadisutjipto ini diterbitkan pertama kali oleh Proyek Penerbitan Buku Bacaan dan Sastra Indonesia dan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, pada 1980. Pada tahun yang sama, Balai Pustaka, Jakarta, menerbitkannya pula untuk pertama kali. Cetakan keenamnya terbit pada 1987. Buku bekas yang kami jual ini merupakan cetakan keenam tersebut.

Judul:  Serat Cemporet
Penulis: R.Ng. Ranggawarsita
Pengalih Aksara & Bahasa: Sudibjo Z. Hadisutjipto
Bahasa: Indonesia & Jawa
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 415 Halaman
Dimensi: 15 x 21 Cm
Penerbit: Perum Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka, Jakarta
Tahun: Cetakan Keenam, 1987
Kondisi: Bagus
Harga: Rp79.000
Stok: 7 (4 TERJUAL)

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini. 



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.