BUKU UNGGULAN

BUKU ORI SANDIWARA ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN, CETAKAN I

Buku baru stok lama Orkes Madun karya  Arifin C. Noer merupakan sebuah lakon panjang tentang nyanyian kemiskinan abad XX. Tokoh-tokohn...

Monday, February 24, 2020

BUKU ORI LAKON UTUY TATANG SONTANI: SANG KURIANG

Buku bekas Sang Kuriang: Libretto dalam Dua Babak karya Utuy Tatang Sontani merupakan sebuah libretto alias drama musikal yang diadaptasi dari cerita rakyat Jawa Barat tentang Sangkuriang. Kisah tentang Sangkuriang telah diinterpretasi oleh banyak penulis dengan inti cerita yang sama: cerita seorang anak yang mencintai dan ingin mempersunting perempuan cantik yang sesungguhnya ibunya sendiri.

Sang Kuriang: Libretto dalam Dua Babak merupakan versi lain dari versi-versi yang telah ada tentang kisah Sangkuriang. Sebagai sebuah libretto, Utuy menyusun dialog para tokohnya seperti larik-larik sebuah lagu yang mempertimbangkan rima, terutama persamaan bunyi pada suku kata terakhir setiap larik. Utuy tetap mempertahankan tokoh inti cerita rakyat itu, yakni Dayang Sumbi dan Sang Kuriang, tapi juga menambahkan beberapa tokoh baru, seperti Budjang, Ardasim, dan Raja Siluman. Tokoh asli Si Timung tetap hadir, tapi diubahnya dari seekor anjing menjadi budak bisu yang pincang.

Buku ini dihiasi beberapa ilustrasi hitam-putih karya Adam Brata dan Oesman Effendi.

Buku ini pertama kali diterbitkan Balai Pustaka, Jakarta, pada 1959. Pada 2008, cetakan ketiganya terbit demi memanfaatkan zaman peralihan setelah puluhan tahun karya-karya Utuy Tatang Sontani dilarang terbit karena Utuy bergabung dengan Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra), organisasi kebudayaan di bawah naungan Partai Komunis Indonesia (PKI). Buku bekas yang kami jual ini adalah cetakan ketiga tersebut.

Judul: Sang Kuriang: Libretto dalam Dua Babak
Penulis: Utuy Tatang Sontani
Pengantar: Taufiq Ismail
Prakata: Utuy Tatang Sontani
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: x + 57 Halaman
Dimensi: 15 x 21 Cm
Penerbit: PT Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka, Jakarta
Tahun: Cetakan Ketiga, 2008
Kondisi: Bagus (Stempel perpustakaan di satu halaman.)
Harga: Rp23.000  
Stok: 15 (7 TERJUAL)


Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.