BUKU UNGGULAN

PAPUA: JEJAK LANGKAH PENUH KESAN

Judul: Papua: Jejak Langkah Penuh Kesan Penulis: Frino Bariarcianur & Ahmad Yunus Kata Sambutan: Susilo Bambang Yudhoyono Bahas...

Tuesday, October 29, 2019

ANTOLOGI PUISI ORI ZEFFRY ALKATIRI: POST KOLONIAL & WISATA SEJARAH DALAM SAJAK


Post Kolonial & Wisata Sejarah dalam Sajak karya Zeffry Alkatiri merupakan buku pemenang Khatulistiwa Literary Award (KLA) Tahun 2012 untuk kategori puisi. Majalah Tempo juga memilihnya menjadi salah satu dari tujuh karya terbaik pada tahun yang sama.

Menurut Dewan Juri KLA Tahun 2012, sebagaimana disampaikan pada laporan pertanggungjawaban mereka, buku tersebut menghadirkan semacam kritik atas kritik dengan mengajukan banyak pertanyaan terhadap kenyataan yang dianggap mapan. “Sebuah intervensi yang khas sastra terhadap upaya menghadirkan sejarah yang lurus dengan pikiran yang logis,” tambah mereka.

Zeffry, menurut Mona Lohanda pada “Kata Penutup” buku ini, “tidak bermain dengan fakta-fakta telanjang, tetapi menafsir situasi dalam emosi diri para saksi sejarah, para penghuni jaman yang lalu-lalang dari waktu ke waktu, dari abad ke-17, bahkan dari permulaan hitungan abad pertama, sampai hari-hari yang baru lewat di depan mata kita.”

Buku dengan judul yang tak lazim untuk sebuah antologi puisi ini memuat 117 sajak. Sajak-sajak tersebut dipilah penyair yang lahir di Jakarta pada 30 Agustus 1959 ini ke dalam dua bagian besar yang mengikuti periode historis sejarah Indonesia dan dunia. Bagian pertama terdiri dari atas puisi dengan tema Nusantara sejak kedatangan pengembara asing yang pertama hingga keadaan Indonesia pada masa kolonialisme dan setelahnya. Bagian kedua terdiri atas 96 puisi yang membentangkan tafsiran penulis atas penggalan sejarah bangsa-bangsa di dunia.

Pada tema “Post Kolonial”,  Zeffry tidak mengajak pembaca terbuai dalam permainan kata yang membingungkan. Sajak-sajak hadir dengan bahasa yang terang dan peristiwa yang realis dengan sudut pandang pribumi yang sarat dendam terhadap penjajahan. Tapi, pribumi keturunan Arab yang menjadi pengajar dan peneliti di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia ini menghadirkannya tidak dengan amukan, melainkan dengan renungan-renungan bangsa terjajah yang melihat sejarahnya dari kacamata saat ini.

Melalui sajak-sajak pada tema “Wisata Sejarah”, Zeffry mengajak pembaca menapaki jejak-jejak sejarah dari berbagai belahan dunia. Mulai dari abad-abad awal Masehi hingga setahun sebelum tahun terbit buku ini. Mulai dari satu peristiwa di Majapahit hingga beberapa peristiwa “kemarin sore” di Timur Tengah dan Afrika.

"Dalam buku ini, ia (Zeffry) menyodorkan kepada pembaca sebuah 'mesin waktu' untuk melanglang berbagai tempat di dunia dalam waktu-waktu yang telah lampau hingga terbilang 'kemarin sore'. Tanpa perlu kebingungan," tulis sastrawan Betawi, Chairil Gibran Ramadhan, dalam kata pengantar buku puisi ini.

Judul: Post Kolonial & Wisata Sejarah dalam Sajak
Penulis: Zeffry Alkatiri
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: xv + 186 Halaman
Dimensi: 14 x 21 Cm
Penerbit: Padasan, Tangerang Selatan
Tahun: Cetakan Pertama, 2012
Kondisi: Bagus (Masih segel, tapi ada segel yang sobek atau berlubang, sehingga muncul bercak-bercak kecokelatan di sisi luar buku.)
Harga: Rp48.000
Stok: 3

Semua buku yang kami jual merupakan buku original, termasuk buku ini.



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.