BUKU UNGGULAN

BUKU ORI ATIK SOEPANDI: TETEKON PADALANGAN SUNDA: PATOKAN PADALANGAN SUNDA SEJAK PRIANGAN, CETAKAN I

Daftar Eusi Pihatur Pangjajap Bab I Purwaka Bab II Sajarah jeung Mekarna Padalangan Priangan Bab III Patokan Padalangan Sunda Sejak Priangan...

BUKU PILIHAN

  • AGUS DERMAWAN T. DKK.: THE PUPPET STATE - GATOT INDRAJATI
  • LAKON ARIFIN C. NOER: ORKES MADUN
  • SAPARDI DJOKO DAMONO: BABAD BATU
  • H.E. VAN GELDER: REMBRANDT
  • GOENAWAN MOHAMAD: FRAGMEN
  • KOMUNITAS SASTRA INDONESIA: CATATAN PERJALANAN
  • NASRUDIN AFFANDI: HUMOR SUFI, JILID 1-5

Tuesday, January 15, 2019

H.E. VAN GELDER: REMBRANDT

Judul:  Rembrandt

Penulis: H.E. van Gelder
Bahasa: Belanda
Kulit Muka: Hard Cover
Tebal: iv + 360 Halaman
Dimensi: 19 x 26,5 Cm
Penerbit: Uitgave van H.J.W. Becht, Amsterdam
Tahun: Tak Diketahui (Kalau memperhatikan buku terbaru yang dirujuk pada catatan kaki, buku ini diperkirakan diterbitkan/dicetak sebelum atau sekitar Perang Dunia Kedua.)
Kondisi: Cukup Bagus (Di ruang kosong bagian atas dan bawah isi buku, ada sejumlah lubang kecil bekas dimakan rayap. Makin ke tengah, jumlahnya makin sedikit.)
Harga: Rp415.000
Stok: 1

Rembrandt Harmenszoon van Rijn (1606-1669) merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Selain memanipulasi cahaya, kelebihan pelukis asal Belanda ini adalah kemampuannya memanfaatkan teknik impasto dalam melukis dengan menggoreskan cat minyak yang tebal ke kanvas, sehingga menimbulkan efek tiga dimensi. Relief impasto juga meningkatkan sifat tekstur pantulan cahaya.
Rembrandt memanfaatkan cat putih timbal dengan sifat reologi yang luar biasa, yang menawarkan beberapa kemungkinan pemodelan tiga dimensi. Hal itu diperoleh dengan menggabungkan pigmen putih timbal dan media pengikat organik, terutama minyak biji rami. Rahasia tersebut berhasil diungkapkan tiga abad kemudian oleh para peneliti dari Belanda dan Prancis, yakni Victor Gonzalez, Marine Cotte, Gilles Wallez, Annelies van Loon, Wout de Nolf, Myriam Eveno, Katrien Keune, Petria Noble, dan Joris Dik. Penelitian yang dipublikasikan Angewandte Chemie edisi 7 Januari 2019 tersebut merupakan hasil kerja sama Institut de Recherche de Chimie Paris, Sorbonne University, University of Amsterdam, Centre de Recherche et des Restauration des Musées de France (C2RMF), Rijksmuseum and Mauritshuis, serta European Synchrotron Radiation Facility (ESRF). Tapi, formulasi yang tepat yang digunakan Rembrandt tetap menjadi misteri.
Sementara, buku Rembrandt karya H.E. van Gelder ini mengupas karya-karya Rembrandt dari beberapa sisi, seperti bahasan lukisan-lukisan potret diri, bahasan lukisan-lukisan lanskap, dan bahasan lukisan-lukisan yang berkaitan dengan kisah-kisah di kitab suci. Tiga ratus empat belas lukisan dalam potret hitam-putih menghiasi buku ini. 
Buku ini dipilah ke dalam enam bab. Tiap bab berisi 60 halaman. Nomor halaman dihitung berdasarkan tiap bab. Bukan secara menyeluruh dari awal hingga akhir buku.

Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt
Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt
Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt
Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt
Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt
Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt
Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt
Rembrandt H.E. van Gelder
Rembrandt

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar secara jelas dan tak melanggar aturan hukum. Jangan lupa mencantumkan e-mail yang benar supaya kami dapat membalas.